FAQ

Motobatt Pro Lithium

Apa yang membuat aki Motobatt Pro Lithium berbeda dari aki lainnya?

Aki Motobatt Pro Lithium-ion lebih aman, tidak mudah terbakar, dan tidak berbahaya:

Aki Motobatt Pro Lithium-ion bisa lebih kecil dan lebih ringan;

Motobatt Pro Lithium-ion memiliki tegangan yang lebih tinggi dan menahan muatan lebih lama daripada jenis aki lainnya. Ini berarti bahwa ia memiliki tingkat self discharge rate yang lebih rendah sehingga mampu mempertahankan daya dalam waktu yang lebih lama daripada jenis aki isi ulang lainnya.

Apa itu Motobatt Pro Lithium P Series dan HP Series

Aki Motobatt Pro Lithium-ion P Series Internal dengan balance system

Aki Motobatt Pro Lithium-ion P Series Internal dengan balance & protection system

Mengapa perlindungan Motobatt P / HP Series berbeda dari lainnya?

Perlindungan internal aki Motobatt Pro Lithium-ion adalah desain inovatif berteknologi tinggi yang dibuat untuk melindungi sel-sel lithium.

Fitur meliputi:

  • Internal Cell Balancing
  • Proteksi Over Charge
  • Proteksi Over Discharge
  • Proteksi Over Temperature Protection
Bisakah saya menggunakan pengisi aki Lead-Acid?

Aki Motobatt Pro Lithium-ion dapat diisi dengan pengisi daya tiga tahap (Arus Konstan / Tegangan Konstan) tanpa mode desulfasi, musim dingin, atau kalsium. Pemelihara aki dan mode float apa pun pada pengisi daya baterai tiga tahap harus dibatasi hingga 13,6V atau kurang. Pengisi aki tidak boleh melebihi nilai ampere dan voltase maksimum pada label aki. Dalam beberapa kasus, jika pengisi daya aki Anda tidak mencapai 14.4V – 14.6V selama pengisian daya mungkin tidak sepenuhnya mengisi aki Motobatt Pro Lithium. Jika ada ketidakpastian pengisian dengan pengisi daya aki lead acid biasa, gunakan pengisi daya PDCFB dengan fungsi pengisian daya lithium.

Mengapa direkomendasikan pengisi daya Motobatt PDCFB untuk lithium?

Untuk mengoptimalkan masa pakai aki, sebaiknya gunakan pengisi daya aki lithium-ion yang sebenarnya. Pengisi aki lithium-ion yang sebenarnya memiliki algoritma khusus untuk menangani aki lithium-ion. Mereka biasanya mengisi daya aki secara berbeda saat daya aki habis, mengisi daya aki dengan cepat jika mungkin, dan berhenti mengisi daya ketika aki terisi penuh untuk mencegah pengisian berlebih. Pengisi daya Motobatt PDCFB dirancang khusus untuk tujuan ini.

Bagaimana cara memelihara aki Motobatt Pro Lithium?
  1. Isi daya baterai baru saat pertama kali digunakan.
  2. Gunakan pengisi daya yang sesuai untuk menghindari pengisian berlebih.
  3. Hindari kontaminasi kontak logam. Kontak semua aki harus dijaga kebersihannya untuk kinerja terbaik.
  4. Hindari penggunaan berlebih di lingkungan bersuhu tinggi atau rendah.
  5. Hindari periode lama tanpa penggunaan atau tanpa pengisian ulang. Jika aki tidak digunakan selama 3 bulan atau lebih, isilah sebagian (sekitar 30-70% dari kapasitas, tergantung pada waktu penyimpanan yang direncanakan), kemudian simpan perangkat untuk mencegah kerusakan aki. Anda mungkin perlu mengeluarkan perangkat dari penyimpanan dan mengisi daya lagi setelah beberapa bulan.
Apakah Motobatt Pro Lithium dapat dipasang di posisi apa pun, bahkan terbalik?

Ya, aki Motobatt Pro Lithium dapat dipasang di posisi apa pun, bahkan terbalik dan terkena getaran. Setelah Anda mengeluarkan aki lama, letakkan aki Motobatt Pro Lithium dengan cara yang sama. Anda dapat menggunakan kabel yang sama untuk menghubungkan kembali ke aki Motobatt Pro Lithium.

Berapa lama Motobatt Pro Lithium dapat bertahan?

Kedalaman discharge, suhu penyimpanan, dan suhu sekitar selama operasi semua bekerja bersama untuk mengurangi masa pakai aki ion lithium dari rentang masa pakai yang diproyeksikan. Untuk umur paling lama, jangan mengisi baterai saat suhu ekstrem, baik dingin ekstrem atau panas ekstrem. Aki Motobatt Pro Lithium akan memberi Anda hingga 1.000 siklus pengisian dan pengosongan lengkap pada DOD 80%. Setelah 1000 siklus, Anda masih memiliki sisa daya yang dapat digunakan lebih dari 80%.

Berapa suhu kerja untuk Motobatt Pro Lithium?

Charging : 0°C to +45°C
Discharging : -15°C to +60°C

Charger Aki Motobatt

Apakah "Smart" MAINTAINER dari simple "Trickle" CHARGER diperlukan untuk pengaplikasian aki PowerSports?

Ya, karena cara kendaraan PowerSports yang umumnya digunakan memerlukan manfaat berlipat ganda dari “smart” CHARGER dan MAINTAINER yang dikendalikan mikroprosesor untuk mengisi dan memelihara aki setiap saat selama tidak digunakan adalah yang terbaik; dan untuk periode yang mungkin lama tidak aktif, dan / atau untuk mengimbangi beban parasitic (komputer kendaraan, jam, alarm, dll). Ini akan memperpanjang usia aki Anda dan menjaga aki Anda tetap terisi penuh dengan aman, dan selalu siap untuk digunakan.

Apa yang harus digunakan untuk mengisi atau memelihara aki AGM modern?

Pengisi daya pintar diperlukan untuk digunakan pada semua baterai AGM atau GEL. Aki Sealed Valve Regulated (AGM dan Gel) dapat rusak atau mengering dan hancur jika aki tersebut kelebihan daya. Kerusakan yang dapat disebabkan oleh pengisian yang tidak benar menjadi permanen dan semakin buruk seiring waktu. Semua produsen kendaraan PowerSports besar sekarang menggunakan aki AGM dari pabrik. Cara yang benar untuk mengisi atau memelihara aki AGM ini adalah dengan pengisi daya yang pintar, dan dengan teknologi algoritma 9 langkah yang eksklusif, MOTOBATT adalah pilihan terbaik.

Apa yang dapat terjadi jika charger manual atau "non-pintar" digunakan pada baterai AGM atau GEL?

Intinya adalah pengisi daya manual TIDAK cocok untuk aki AGM atau GEL. Kecuali jika dipantau terus-menerus mereka dapat menyebabkan pengisian berlebih dari voltase konstan yang terlalu tinggi, yang merupakan penyebab pembengkakan casing dalam aki AGM dan GEL selama pengisian (sistem pengisian yang salah juga dapat menyebabkan pengisian berlebih dan pembengkakan casing aki selanjutnya). Sebagai catatan ini BUKAN klaim garansi yang valid pada aki GEL atau AGM. Pesannya sederhana, gunakan pengisi daya pintar Motobatt yang cocok dengan semua aki asam timbal, terutama aki AGM dan GEL.

Maintainer Motobatt yang mana untuk ukuran-ukuran aki?

Mencocokkan MOTOBATT CHARGER DAN MAINTAINER dengan kapasitas baterai tidak diperlukan, karena tegangan dan arus listrik secara konstan dipantau, dan dikurangi atau ditingkatkan oleh proses pengisian dan perawatan Motobatt 9 langkah yang unik. Namun Anda mungkin ingin memilih MOTOBATT CHARGER DAN MAINTAINER yang sesuai dengan anggaran Anda atau persyaratan kinerja Anda.

Model MOTOBATT: Little Boy, Water Boy, Fat Boy, Dual bank dan Four bank adalah “Charger and Maintainer” yang dikendalikan mikroprosesor dalam satu unit, dan memungkinkan konsumen biasa tanpa pengetahuan tentang aki dapat mengisi dan menjaga aki asam timbal dengan aman.

Model MOTOBATT: Pengisi Daya Baby Boy akan mengisi daya aki Power Sports 6 atau 12V hingga terisi penuh kemudian beralih ke mode perawatan otomatis dan memantau aki untuk kemungkinan kebutuhan akan pengisian daya tambahan. Baby Boy Charger tidak dirancang untuk mengisi daya aki yang mati mendatar atau sulfat.

Pengisian Baterai Lithium

Aki Lithium Cranking adalah aki teknologi baru yang dikendalikan oleh mikroprosesor. Mereka sama sekali tidak seperti aki asam timbal dan mereka membutuhkan tingkat pengisian yang terkontrol tanpa fase DE sulfasi atau meningkatkan fungsi pengisian daya agar tidak merusak papan kontrol. Motobatt telah merilis pengisi daya Lithium PDCFB Fat Boy, yang akan mengisi daya aki asam timbal dan aki Lithium. Untuk pengisian dan perawatan yang lambat, Anda juga dapat menggunakan pengisi daya MBCBABY Motobatt Baby Boy karena tidak memiliki mode DE sulphating.

Dapatkah Motobatt Maintainers digunakan pada aki otomotif dan kelautan?

Ya, Pengisi Daya / Pemelihara Motobatt (model Little Boy, Water Boy, Fat Boy, Dual Bank dan Four Bank) cocok untuk digunakan pada semua aki asam timbal domestik, termasuk otomotif dan kelautan. Model Fat Boy dan yang lebih tinggi memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dan akan memberikan kinerja yang lebih besar pada aki yang lebih besar.

Tester Aki Motobatt

Untuk apa MB-VM tester dirancang untuk digunakan?

MB-VM adalah voltmeter sederhana dan murah yang menunjukkan status open circuit dalam bentuk % pengisian daya. Ketika digunakan dengan mesin dihidupkan, ia juga akan menunjukkan tegangan berlebih pada aki dengan lampu indikator “bad” dan memperlihatkan tegangan yang sesuai dengan lampu indikator “good”. Bagian keren lainnya tentang meter ini adalah dapat digunakan untuk menguji aki dari jarak jauh, tanpa akses aktual ke aki dengan memasukkan probe (dalam posisi tetap) ke dalam ujung battery charge / maintenance dan jika aki dapat diakses atau berada pada workbench Anda dapat melepaskan lead negatif dari posisi tetap dan menguji aki di setiap lokasi terminal. Ini adalah alat yang hebat untuk setiap mitra dealer atau untuk konsumen mana pun.

Apakah MotoBatt memiliki tester beban resistansi aktual yang tersedia?

Ya, MotoBatt part 14 MBT adalah tester murah yang dirancang khusus untuk pasar PowerSports dan merupakan perpaduan dari meteran baru yang dikendalikan mikroprosesor digital dengan meteran fixed resistance load tester lama yang telah teruji. Ini dapat mensimulasikan resistensi beban starter pada aki dan memungkinkan Anda membandingkan hasilnya dengan rating aki Anda pada sebuah matriks di permukaan tester untuk menentukan hasil final. Dengan menggunakan unique performance matrix pada bagian depan tester, Anda akan secara dramatis meningkatkannya keakuratan fixed load tester ini. Ini juga memungkinkan Anda untuk menguji starter dan output alternator Anda menggunakan informasi pass/fail yang dapat ditemukan di sebelah kanan layar voltase.

Mengapa saya perlu menguji aki saya meskipun sepeda motor saya masih bisa dihidupkan?

Alasan di balik semua jenis perawatan aki, adalah tentang ANDA. Selalu ada waktu ketika aki Anda akan aus atau sistem starting/charging Anda akan gagal. Dengan alat yang tersedia dari MotoBatt, pemeliharaan yang berkelanjutan dapat dilakukan dengan mudah dan akan membantu Anda menemukan masalah sebelum situasi no-start terjadi dan memastikan bahwa Anda akan dapat berkendara kapanpun ANDA inginkan dan tidak tersandera oleh kegagalan. Mengisi daya aki setiap saat melalui perawatan aki yang sederhana dan menguji baterai secara berkala akan membantu Anda tetap dapat berkendara.

Bisakah salah satu tester MotoBatt menguji baterai yang kosong?

Ya, semua tester elektronik yang tersedia dari MotoBatt (MBMini, MBPro dan MBProPLUS) dapat menguji aki yang kosong. Seperti yang mungkin Anda bayangkan ketika masalah muncul dengan situasi no-start biasanya akinya habis; saat menguji dengan load based tester yang standar, aki harus diisi daya untuk memberikan pengujian yang akurat. Melalui menggunakan tester berjenis elektronik, Anda dapat menguji aki yang kosong untuk menentukan apakah aki kosong atau aki rusak dan perlu diganti. Tester ini juga akan melakukan pengujian sistem starting and charging yang lebih invasif untuk membantu mengatasi masalah sebelum terjadi.

Dapatkah aki saya diuji dan diisi melalui remote charging lead yang sama?

Ya dan tidak…. pengujian voltase sederhana – Ya. Tetapi untuk pengujian lanjutan; karena kebutuhan akan resistansi seragam diperlukan pada sisi input dan output dari rangkaian uji, lead pemeliharaan muatan standar tidak dapat digunakan untuk menguji apa pun di luar tegangan sirkuit terbuka.

Apakah MotoBatt memiliki Tester yang mencetak hasil tes untuk dilampirkan ke work order?

Ya, MotoBatt MBproPLUS adalah tester terbaik kami. Dapat mencetak semua hasil dan menguji aki PowerSports, otomotif dan segala jenis aki komersial.

Tester MotoBatt apa yang terbaik untuk konsumen dan mana yang terbaik untuk penggunaan di toko?

MB-VM, MBT dan MBMini semuanya hanya penguji 12V dan terbaik untuk digunakan oleh konsumen dan seharusnya tersedia di stok dealer. MBPro akan menjadi unit konsumen kelas atas (dan dapat menguji baterai 6V). Untuk pengguna toko; MBT, MBPro dan/atau MBProPLUS adalah suatu keharusan.